July 21, 2009

Mengembalikan GRUB yang hilang di UBUNTU...

Mengembalikan GRUB yang hilang di UBUNTU

Yang harus disiapkan untuk mengembalikan GRUB adalah :

  1. Live CD atau USB Bootable Ubuntu

  2. Gunakan Terminal (jangan ke stasiun lho...)

    1. sudo grub

      Pada terminal, ketikkan sudo kemudian menekan tombol spasi yang dilanjutkan dengan mengetik grub dan diakhiri dengan menekan tombol enter. Perintah ini dimaksudkan untuk memanggil GRUB.

      Tunggu beberapa saat hingga ditunjukkan grub prompt grub> Selanjutnya, dari grub prompt inilah perintah - perintah berikut diketikkan.

    2. sudo find /boot/grub/stage1

      Pada terminal, ketikkan find kemudian menekan tombol spasi yang dilanjutkan dengan mengetik /boot/grub/stage1 dan diakhiri dengan menekan tombol enter.

      Perintah ini dimaksudkan untuk mencari file stage1. Tunggu beberapa saat, hingga muncul hasilnya. Contoh: (hd0,5)

    3. root (hd0,5)

      Pada terminal, ketikkan root kemudian menekan tombol spasi yang dilanjutkan dengan mengetik (hd0,5) dan diakhiri dengan menekan tombol enter.

      Catatan: Perintah setelah root, harus disesuaikan dengan hasil yang didapatkan pada perintah sebelumnya. Jika pada perintah find /boot/grub/stage1 didapatkan (hd0,8), maka pada langkah ini perintah yang harus diketik adalah root (hd0,8).

    4. setup (hd0,5)

      Pada terminal, ketikkan setup kemudian menekan tombol spasi yang dilanjutkan dengan mengetik (hd0,5) dan diakhiri dengan menekan tombol enter.

      Catatan: Perintah setelah setup, harus disesuaikan dengan perintah sebelumnya. Jika pada perintah root (hd0,8), maka pada langkah ini perintah yang harus diketikkan adalah setup (hd0,8).

    5. reboot

      Pada terminal, ketikkan reboot yang lalu dengan menekan tombol enter.

  3. Selamat, GRUB sudah berfungsi kembali.

Cukup mudah. Tidak banyak perintah yang perlu diketik. Dan juga tidak memerlukan waktu yang cukup lama untuk mengembalikan GRUB. :)

Click Here!